Rekomendasi sunscreen bagus, murah dan ngga bikin kusam

Kalian pernah ngga sih ngerasa, udah pake skincare ini itu, dari yang murah sampai yang mahal tapi ternyata ngga ngefek, alias ngga bekerja secara maksimal? Kalian harus mengevaluasi lagi nih skincare apa aja yang kalian pake besties, udah bener belum? Jangan jangan kalian ada skip atau salah cara pakai sunscreen nya.

Sunscreen itu apa sih?

Atau biasa di kenal dengan Tabir surya adalah ramuan untuk menghalangi pengaruh cahaya matahari yang merusak kulit. Ramuan tersebut dapat berupa losion, semprotan, gel, foam, batang atau produk topikal yang menghindari atau memantulkan sinar radiasi ultraviolet dari matahari dan sehingga tidak mengalami bakaran matahari.

Terus kode SPF dan PA pada sunscreen itu artinya apa sih? Jadi kalau kalian beli sunscreen atau sunblock pasti ada tulisan SPF dan PA kan? Nah itu kalian harus tau yah artinya.

Sebelum ngebahas mereka, kita kenalan dulu nih sama radiasi sinar ultraviolet yang di keluarin matahari, yaitu UVA, UVB dan UVC.

Sinar Matahari tuh jahat banget loh besties, soalnya bisa merusak DNA dalam sel sel kulit, jadinya warna kulit kalian bisa berubah, muncul kerutan, tekstur kulit jadi rusak, bahkan bisa nyebabin kanker kulit!! Hiii serem banget kan,,

UVA, merupakan radiasi sinar matahari yang dapat menembus awan kabut dan kaca. Sinar ini dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit hingga yang terparah kanker.

Sedangkan UVB adalah Jenis radiasi yang dapat membuat kulit berubah warna menjadi lebih gelap atau kemerahan. Sinar ini menyebabkan kulit terbakar setelah lama berada di luar ruangan atau berjemur. Bahkan bisa membuat kulit terkelupas.

UVC bisa dibilang merupakan paparan sinar matahari yang aman. Radiasi ini sepenuhnya diserap oleh atmosfer bumi dan tidak dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Jadi kita pakai sunscreen tuh gunanya untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB yang jahat.

Oke sekarang Astrid mulai bahas soal SPF dan PA yah

Contoh tulisan SPF dan PA

Jadi SPF (Sun Protection Factor) adalah untuk menawarkan perlindungan terhadap sinar UVB.

Ada dua jenis SPF yaitu chemical dan physical. Chemical SPF mengandung bahan aktif berbasis karbon yang menyerap sinar UV ketika mengenai kulit, mengubahnya menjadi panas, lalu melepaskannya sebelum dapat menembus lapisan dermis kulit dan menyebabkan kerusakan.

Sedangkan physical SPF atau SPF mineral berfungsi melapisi kulit. Lapisannya terletak tepat di atas kulit dan secara fisik menyebar serta membiaskan atau memantulkan sinar UV yang berlawanan dari kulit.

SPF merupakan ukuran berapa lama seseorang dapat terkena sinar matahari secara langsung sebelum UVB mulai membakar kulit. Rata-rata kulit mulai terbakar setelah 10 hingga 20 menit terkena paparan sinar matahari.

Jadi kalau tulisannya SPF 30, maka sunscreen tersebut bisa melindungi kamu dari paparan sinar matahari hingga 30 kali lipat lebih lama, atau 30 x 10 menit = 300 menit alias 5 jam.

Dan kalau SPF 50 juga berarti sunscreen tersebut bisa melindungi kulitmu 50 kali lipat lebih lama, atau 50 x 10 menit = 500 menit atau sekitar 8 jam. Selain itu, SPF 50 juga bisa melindungi kulit dari sinar UVB sebesar 98 persen.

Nah kalau PA merupakan singkatan dari Protection Guide of UVA, yang berarti kadar perlindungan dari sinar UVA. Hal ini penting untuk dicantumkan pada produk sunscreen karena SPF yang telah umum diketahui hanyalah proteksi dari UVB. Sementara itu kulit membutuhkan keduanya untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal dari bahaya sinar UV. Sistem peringkat PA ini pertama kali dikenalkan di Jepang sebagai cara untuk memberitahu level proteksi yang ditawarkan oleh sebuah produk sunscreen pada konsumen. Sementara simbol plus menunjukkan tingkatan pada proteksi yang tersedia. Semakin banyak simbol plus maka semakin tinggi tingkat proteksinya.

Dilansir dari thebrightside.com, tanda plus (+) pada PA bisa diartikan sebagai berikut:

PA+ = Sedikit perlindungan UVA

PA++ = Cukup perlindungan UVA

PA+++ = Tinggi perlindungan UVA

PA++++ = Sangat tinggi perlindungan UVA

Dalam memilih produk sunscreen, besties harus memerhatikan label dengan seksama pada kemasan. Pastikan produk tersebut memiliki SPF minimal 30 dan PA minimal PA +++ untuk melindungi kulit secara maksimal, seperti sunscreen produk dari N’PURE contohnya.

Suncreen N’PURE

So Kali ini Astrid mau review dua produk sunscreen dari N’PURE yang bagus banget, yaitu N’PURE Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++ dan N’PURE Cica Beat The Sun Powder SPF 30 PA ++++. Dari segi SPF dan PA yang udah kita pelajari diatas, nunjukin kalo produk ini ciamik banget kan. Langsung ajah kita kenalan dulu sama mereka yah..

N’PURE Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++

Sunscreen harian alami yang diformulasikan dengan 100% Cica Leaf Water, Chrysanthemum Extract, Chamomilla Extract, and Camellia Sinensis Leaf Extract.

Cara pakainya juga gampang banget, setelah skincare kalian bisa pakai sunscreen ini sebanyak 2 jari, dan 30 menit sebelum beraktifitas di luar rumah. Cukup usapkan seluruh wajah dan leher, hindari area mata.

Dari segi kemasan dan isi, menurutku isinya lumayan banyak, aku suka kemasannya karena simple banget berbentuk tube gitu. Jadi muat di taruh di tas kecil juga.

Tekstur N’PURE Cica Beat The Sun

Sunscreen ini termasuk Chemical Sunscreen yah, dari segi tekstur, menurutku ini masih termasuk light alias gak berat di pakenya dan no white cast. Efeknya setelah pakai sunscreen ini kulitku jadi makin lembab dan glowing. Dan yang paling penting adalah gak bikin kusam besties!! Cocok juga buat kulit yang sensitif yah karena ada chamomilla extract yang menenangkan.

Jangan lupa reapply setiap 2 jam sekali yah, eh kan penjelasan di atas kalau SPF 50 bisa melindungi sampai 8 jam yah, kok harus reapply 2 jam sekali sih?

Jadi Sunscreen biasanya kan mudah hilang hanya dengan terkena air atau keringat, jadi dapat mengurangi waktu perlindungan secara signifikan. Maka dari itu The Sun Cancer Foundation merekomendasikan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam atau bisa lebih sering ketika berenang atau berkeringat. Gitu besties penjelasannya. Lanjut ke produk sunscreen N’PURE satunya yah..

N’PURE Cica Beat The Sun Powder SPF 30 PA ++++

Ini adalah tabir surya bubuk. Penggunaan terbaik untuk aplikasi ulang atau ketika Kamu ingin mendapatkan tampilan kulit yang matte. Sunscreen powder ini akan menjadi #SecondShield Kamu untuk melindungi kulit dari UVA & UVB.

Sunscreen powder ini adalah hybrid sunscreen dengan kandungan fisikal sunscreen yaitu (Titanium Dioxide) dan chemical sunscreen dengan kandungan (Ethylhexyl Salicylate & Ethylhexyl Methoxycinnamate) dan dapat memberikan perlindungan sinar matahari UVA/UVB dalam kuas yang nyaman. Membantu menyerap minyak berlebih, meminimalkan tampilan pori-pori, dan set makeup mu dan dalam mengurangi minyak berlebih pada wajah. Diformulasi dengan Natural Cica Leaf Water untuk menenangkan kulit Kamu.

Teksturnya powder

Kemasannya unik banget, jadi powder udah sekalian kuasnya gitu, cara pakainya tinggal kalian buka tutupnya dan di getok getok gitu nanti powdernya bakalan keluar sendiri ke kuasnya. Tinggal pakai deh, kayak pake powder gitu, praktis banget kan? Apalagi kalau harus reapply di manapun dan kapanpun, dengan hasil yang matte, bikin riasan kalian juga makin fresh dan cantik.

Bulu kuasnya lembut banget

Sunscreen ini juga ngga menimbulkan whitecast, kemasannya juga travel friendly. Buat yang ngga begitu suka tampilan dewy setelah pakai sunscreen, kalian wajib banget punya ini besties!!

Ini dia perbedaannya sebelum dan setelah aku pakai Sunscreen N’PURE ini besties

Terlihat jelas yah setelah pakai Step 1 kulit terlihat lebih glowing, setelah pakai Step 2 mulai matte but look nya tetep fresh dan natural. Love it!

Best of the best nya sih ini, sesuka itu pakainya karena gak bikin kusam dan timbul jerawat, liburan outdoor jadi gak takut lagi kena UVA dan UVB.

Sunscreen N’PURE udah BPOM, Halal, Dermatologically Tested, SLS-Free, Paraben-Free Mineral Oil-Free, Alcohol-Free, EU Allergen-Free, Minimal Ingredients, Fragrance Free, Non-nano.

Apa saja urutan skincare?

Kalau aku biasanya setelah double cleansing terus cuci muka, aku pakai toner, essence, serum, ampoule, sunscreen terus pelembab atau moisturizer.

Loh pakai sunscreennya setelah atau sesudah moisturizer sih?

Kalau kalian menggunakan tabir surya kimia / chemical sunscreen, pakai chemical sunscreen dulu setelah itu baru pakai moisturizer. Ini karena chemical sunscreen perlu menembus kulit untuk memberikan perlindungan.

Lalu kalo kalian menggunakan tabir surya fisik / physical sunscreen, juga dikenal sebagai tabir surya mineral, pakainya moisturizer dulu, baru physical sunscreen. Jadi gitu yah besties penjelasannya.

Boleh skip moisturizer gak?

Tidak boleh. Wajib pakai yah besties.

Sekarang udah makin paham kan? Jadi jangan males malesan lagi yah pake sunscreennya, pake sunscreen wajib banget hukumnya apapun keadaan kondisi kulit kalian jangan pernah skip sunscreen.

Ini dia dampak buruk dari malas pakai sunscreen :

• Kulit mulai kusam

• kulit kering

• tekstur kulit yang mengendur

• muncul garis garis halus di sekitar mata, bibir dan dahi

• muncul sun spot atau flek hitam

• menimbulkan jerawat

• beresiko terkena kanker kulit.

Nyesel pokoknya kalo kalian skip sunscreen. Skincare yang kalian pake di malam hari itu juga bakalan berakhir sia sia alias percuma dan tak berguna. Waktu malam pakai skincare yang mencerahkan dll tapi siangnya di panas panasin tanpa perlindungan 🥺 jangan gitu yah besties!

Jadi benerin dulu yuk skin bariernya dan basic skincare nya, salah satunya dengan rajin pakai sunscreen yah, biar skincare mahal kalian gak sia sia 😉

Jadi itu dia honest review ku, Keren banget kan sunscreennya?? Sunscreen Lokal dengan perlindungan maksimal super bagus, harganya affordable, dan gak bikin kucel kusam itu yang paling penting demi menunjang penampilan kita sehari hari. Dari aku ini sih Recommended banget! Dan aku bakalan repurchase nanti kalo udah habis.

Jangan lupa cek instagramnya @npureofficial

Kalian bisa kepoin harga & produknya disini

Love you besties!!

Sampai ketemu di next review yah

Astrid Herera – IG @astridherera

34 pemikiran pada “Rekomendasi sunscreen bagus, murah dan ngga bikin kusam”

  1. Pengen nyobain jugaaa jadi tergiur dengan review selengkap inii,,,next sunscreen ku abis langsung cuss beli ini lah 🥳

    Balas
  2. Wahhhhh thank you sis reviewnya, saya jadi mantap mau beli produk ini…Kayaknya memang produk n’pure ini sebagus itu…Mau coba ah…..🙏🙏🙏

    Balas
  3. Astaga aku kebalik, kirain make cream dulu baru sunscreen. Harusnya sunscreen dulu ya? Hehe

    Aku juga make ini nih sunscreennya

    Balas
  4. Setelah baca artikel ini saya jadi paham urutan pemakaian sunscreen
    makasih mbak Astrid, dampak buruk udah terjadi padaku karena malas pakai sunscreen

    Balas

Tinggalkan komentar